pengelolaan kelas

kelas merupakan tempat utama proses terjadinya belajar mengajar, setiap guru di wajibkan untuk bisa mengelola kelasnya dengan baik. kelas akan damai dan tenang bilamana guru mampu mengendalikannya, begitu juga kelas akan kacau balau jika guru kurang cakap dalam pengelolaan kelas. Keterampilan dalam mengelola kelas akan sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan belajar siswa. karena aktivitas belajar tidak akan berjalan dengan baik bilamana suasana kelas tidak kondusif.

 guru harus mempersiapkan pembelajaran jauh-jauh har, ada beberapa hal yang dibutuhkan   yaitu : 1. Memotivasi siswa untuk belajar 2. Menyampaikan tujuan pembelajaran 3. Mengaitkan materi pelajaran dengan materi terdahulu 4. Mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari .
             
 menyampaikan materi pembelajaran, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu : 1. Penguasaan materi pelajaran 2. Teknik dan cara penyampaian materi 3. Penggunanaan media yang relevan dengan materi 4. Menanggapi pertanyaan yang diajukan siswa . 

membantu pemahaman siswa,  guru harus membantu dalam siswanya dalam memahasi materi yang diajarkannya baik itu dalam bentuk 1. Pemberian kesempatan kepada siswa untuk memahami materi 2. Pemberian kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi 3. Pemberian kesempatan kepada siswa menanggapi pertanyaan temanya dan 4. Pengecekan pemahaman dengan pemberian soal atau latihan.

mengakhiri pembelajaran, dalam mengakhiri pembelajaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan 1. Pemberian kesempatan kepada siswa untuk merangkum materi 2. Memberikan penilaian dan penghargaan kepada siswa 3. Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan datang 4. Memberikan soal-soal lanjutan/tugas rumah
                                             

Komentar