Komponen Pendidikan

Ada beberapa komponen pendidikan yaitu : 
  • komponen Guru  : guru sebagai ujung tombak dalam melaksanakan pendidikan merupakan pihak yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar. kepiawain dan kewibawaan guru sangat menentukan kelangsungan proses belajar mengajar dikelas maupun efekny
    a diluar kelas. Guru harus pandai membawa siswa -siswanya kepada tujuan yang hendak dicapai . Ada beberapa hal yang dapat membentuk kewibawaan guru antara lain adalah penguasaan materi yang diajarkan, metode mengajar yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa, hubungan antara individu, baik dengan siswa, maupun antara sesama guru dan unsue lain yang terlibat dalam proses belajar mengajar . dengan demikian keterlibatan guru dalam proses belajar mengajar sangatlah penting
  • komponen siswa : siswa sebagai objek utama dalam pendidikan terutama dalam proses belajar mengejar siswa memegang peran yang sangat dominan. dalam proses belajar mengajar, siswa dapat menentukan keberhasilan belajar melalui intelegensi, daya motorik, pengalaman, kemauan dan komitmen yang timbul dalam diri mereka tanpa ada paksaan. hal ini bisa terjadi bila siswa juga dilibatkan dalam prpses pendidikan, walaupun hanya dengan mengenalkan kepada mereka tujuan daripada pendidikan .
  • komponen kurikulum : kurikulum pendidikan, lebih sempit lagi kurikulum sekolah meliputi program pengeajaran dan perangkatnya merupakan pedoman dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran disekolah. oleh kerena itu kurikulum sekolah dianggap sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar disekolah .
  • komponen sarana dan prasarana : fasilitas, termasuk sarana dan prasarana pendidikan, tidak bisa diabaikan dalam proses pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar. dalam satu sistem pendidikan, tentu saja fasilitas merupakan hal yang ikut mempengaruhi kelangsungan suatu pendidikan. Tanpa adanya fasilitas sistem pendidikan tidak akan berjalan misalnya : gedung sekolah, bangku, meja, dan sebagainya .
  • komponen masyarakat : masyarakat secara langsung maupun tidak, secara sengaja maupun tidak, terlibat dalam pendidikan. sebab apa yang ingin dilakukan dalam pendidikan sebenarnya mengubah masyarakat menjadi lebih baik terutama masyarakat dimana peserta didik itu berasal.
  • komponen proses pendidikan : ada 4 proses pendidikan yaitu : (a) Learning to know . (b) learning to do . (c) learning to be (d) learning to live to gether 
  • komponen orang tua : sebelum pendidikan yang seperti sekarang ini kita kenal, orang tua sebagai pendidik utama. tak heran bila orang tua berprofesi pedagang akan menularkan sampai sekian keturunan memilih profesi pedagang, karena  sesungguhnya orang tua berperan sebagai pelatih, mentor, pengyelesai masalah dalam lingkungan keluarga. Pendidikan yang sesungguhnya ada dalam keluarga.
sumber : Ali imron, 1995, kebijakan pendidikan di indonesia, bumi aksara Jakarta
               roessminingsih, 2004, teori dan praktek pendidikan, surabaya unesa

Komentar