pembangkit listrik tenaga mayat


Pembangkit Listrik Tenaga Mayat


Pembangkit listrik tenaga air itu sudah umum, pembangkit listrik tenaga nuklir juga sudah umum kita kenal, pembangkit listrik tenaga batubara dan pembangkit listrik tenaga surya itu sudah umum . ada pembangkit listrik yang aneh tapi nyata, apa itu ?, itu adalah  pebangkit listrik tenaga mayat .
Pembangkit listrik tenaga mayat adalah pembangkit listrik yang bahan utamanya adalah mayat manusia, awal mula pembangkit listrik tenaga mayat ada di inggris, inggrislah yang pertama kali menemukan ide PLTM ini . inggris adalah negara yang mayoritas beragama hindu jadi kalau ada manusia yang meninggal dunia pasti dibakar di krematorium, dimana krematorium sendiri itu adalah tempat pembakaran mayat. Awal mula terlahirnya ide kren ini diawali dengan adanya peraturan pemerintah inggris untuk merenovasi krematorium agar lebih ramah lingkungan, karena mayat yang dibakar di tempat tersebut (krematorium) menyebabkan 16% polusi udara . mayat yang apabila di bakar menghasilkan polusi udara yang berbahaya adalah mayat yang semasa hidupnya menggunkan gigi pasangan sehingga setelah dibakar mayat tersebut menghasilkan polusi yang mengandung merkuri, dimana merkuri sendiri adalah zat yang dapat merusak fungsi otak, ginjal, saraf dan janin .
Bagaimana cara kerja PLTM ini ? mayat kok bisa membangkitkan listrik ? alasannya apa ? .
 Sebelumnya kita harus tau bagaimana bunyi hukum kekelan energi, bunyi hokum kekelan energi “energi dapat berubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain”.
Cara kerja PLTM ini serupa dengan cara kerja PLTU(menggunakan batubara) hanya saja bahan utamanya menggunakan mayat . pada PLTU Energi panas diubah menjadi energi kinetik. Kemudian energi kinetik diubah di ubah menjadi energi listrik melalui putaran turbin generator. Demikian konsep panas yang lazim digunakan sebagai penghasil listrik paling banyak digunakan selama ini.

Konsep energi kalor juga diterapkan pada PLTM ini, panas yang berasal dari mesin pembakar mayat di crematorium dapat menghasilkan energi yang nantinya dapat difugsikan sebagai energi untuk membangkitkan generator . Ada  sejumlah ahli dari East Sussex, Inggris, melakukan penelitian untuk memanfaatkan panas tersebut. Energi yang kami daur ulang bukan berasal dari mayatnya, tapi dari mesin pembakarnya,” kata manajer humas dewan kota, Peter Mead. Peter mengatakan, mesin pembakaran mayat membutuhkan energi yang sangat besar. Sebab itu, strategi daur ulang penting dilakukan untuk penghematan. Energi yang tercipta akan difungsikan untuk membangkitkan generator. “Yang nantinya bisa untuk memasok energi listrik,” ujarnya.

Daur ulang energi di krematorium juga pernah digagas pejabat kota di Taipe, Taiwan. Mereka berencana menggunakan energi dari mesin pembakar mayat untuk memasok listrik ke mesin pendingin atau AC. Namun, hal tersebut menuai kontra dari masyarakat. Demikian penjelasan mengenai pembangkit listrik ter-aneh didunia .

Komentar