I. Dasar Teori
Anava dua jalan adalah analisis untuk menentukan perbedaan harga rata-rata atau variabel, dimana tiap variabel terdiri dari beberapa klasifikasi atau faktor (Siregar, 2004:341). Anava ganda adalah teknik statistik parametrik yang digunakan untuk menguji perbedaan antara kelompok-kelompok data yang berasal dari 2 variabel atau lebih (Basuki, PPT 9: ANAVA 2).
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Anava ganda adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata dari dua atau tiga variabel, dimana tiap variabel terdiri dari beberapa kriteria. Anava ganda memiliki jumlah baris atau kolom yang lebih dari satu. Semakin banyak baris atau kolom yang digunakan maka semakin rumit proses perhitungannya.
Anava dua jalur dengan dua variabel adalah anava yang memiliki dua variabel bebas (A, B) dan 1 variabel terikat (AB) (Siregar, 2004: 343).
Langkah – langkah menghitung ANAVA 2 jalur :
1). Hipotesis anava 2 jalur
a. Hipotesis variabel bebas 1 (A)
Ø H0 : µA1 = µA2 = …… µAn
Ø H1 : paling sedikit satu tanda sama dengan tidak berlaku.
b. Hipotesis variabel bebas 2 (B)
Ø H0 : µB1 = µB2 = …… µBn
Ø H1 : paling sedikit satu tanda sama dengan tidak berlaku.
c. Hipotesis variabel terikat (hubungan A dan B)
Ø H0 : Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadapa kompetensi.
Ø H1 : Ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadapa kompetensi.
2). Menghitung jumlah kuadrat total (Jkt), antar A (JkA), antar B (JkB), interaksi AxB (JkAxB), dan dalam kelompok (Jkd).
a. Jkt = ∑(Xt)2 – (∑X)2/N
b. JkA =[(∑XA1)2/nA1 + (∑xA2)2/nA2 + ….(∑xAi)2/nAi] – SK
c. JkB =[(∑XB1)2/nB1 + (∑xB2)2/nB2 + ….(∑xBi)2/nBi] – SK
d. JkAxB =[(∑XAxB)2/nAxB ]– sk – (JkA + JkB)
e. Jkd = Jkt – ( JkA + JkB + JkAxB)
Keterangan :
Ø (Xt)2/N = sk = cf = suku koreksi (correction factor).
Ø n = jumlah subyek
Ø i = 1, 2, 3, ….n
3). Menghitung derajat kebebasan (degree of freedom) total (dbt), antar kelompok A (dbA), antar kelompok B (dbB), interaksi A dan B (dbAB) dan dalam kelompok (dbd). berikut rumus yang digunakan untuk menghitung derajat kebebasan:
a. dbt = N-1
b. dbA = KA-1
c. dbB = KB -1
d. dbAB = dbA . dbB
e. dbd = dbt – (dbA + dbB + dbAxB)
Dimana :
Ø Db = derajat kebebasan
Ø N = jumlah subyek
Ø K = jumlah kelompok (A atau B)
4). Menghitung rata-rata kuadrat (mean of square ) antar kelompok A (RkA), antar kelompok B (RkB), interaksi A dan B (RkAB) dan dalam kelompok (Rkd). berikut rumus yang digunakan untuk menghitung rata-rata kuadrat:
a. RkA = JkA /dbA
b. RkB = JkB /dbB
c. RkAB =JkAB /dbAB
d. Rkd =Jkd /dbd
5). Menghitung rasio F dimana F rasio itu adalah perbandingan antara rata – rata kuadrat antar kelompok dengan rata-rata kuadrat dalam kelompok.
a. FA = RkA /Rkd
b. FB = RkB /Rkd
c. FAB =RkAB /Rkd
6). Melakukan interpretasi dan uji signifikansi pada rasio F anava 2 jalur sama dengan interpretasi pada satu jalur. Ada dua F yang digunakan untuk melakukan interpretasi dan uji signifikansi yaitu: F empirik dan F teoritik. Dimana F empirik adalah adalah rasio F atau F hasil hitung dan F teoritik adalah F yang diperoleh dari tabel F. untuk menentukan nilai F teoritik pada tabel sama seperti menentukan nilai t tabel. Namun yang perlu diperhatikan dalam menentukan F tabel adalah :
a. Derajat kebebasan pembilang = derajat kebebasan antar kelompok(A, B dan AB), dan
b. erajat kebebasan penyebut = derajat kebebasan dalam kelompok (A, B dan AB)
Setelah menentukan F teoritik maka langkah selanjutnya membandingkan F empirik dan F teoritik. Jika:
a. F empirik ≥ F teoritik ; maka diinterpretasikan signifikan yang berarti ada perbedaan
b. F empiric < F teoritik; maka diinterpretasikan tidak signifikan yang berarti tidak terdapat perbedaan.
II. Permasalahan
Uji beda mean Anava > 1 jalur
III. Pembahasan
Ada hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan kompetensi siswa laki-laki dan perempuan yang diajari dengan menggunakan 3 model pembelajaran yang berbeda, oleh karena itu diadakan penelitian Pengaruh jenis kelamin dan model pembelajaran terhadap kompetensi siswa. Data kompetensi siswa-siswi yang mengikuti 3 model pembelajaran yang berbeda adalah sebagai berikut
Jenis Kelamin (A) |
Model Pembelajaran (B) |
|||||||
STAD (B1) |
TGT (B2) |
MPBM (B3) |
TOTAL |
|||||
X1 |
X12 |
X2 |
X22 |
X3 |
X32 |
XT |
XT2 |
|
Lk (A1) |
30 |
900 |
65 |
4225 |
70 |
4900 |
165 |
10025 |
50 |
2500 |
68 |
4624 |
73 |
5329 |
191 |
12453 |
|
58 |
3364 |
68 |
4624 |
73 |
5329 |
199 |
13317 |
|
60 |
3600 |
68 |
4624 |
73 |
5329 |
201 |
13553 |
|
63 |
3969 |
68 |
4624 |
73 |
5329 |
204 |
13922 |
|
63 |
3969 |
70 |
4900 |
73 |
5329 |
206 |
14198 |
|
63 |
3969 |
70 |
4900 |
75 |
5625 |
208 |
14494 |
|
63 |
3969 |
70 |
4900 |
75 |
5625 |
208 |
14494 |
|
65 |
4225 |
70 |
4900 |
75 |
5625 |
210 |
14750 |
|
65 |
4225 |
70 |
4900 |
75 |
5625 |
210 |
14750 |
|
65 |
4225 |
70 |
4900 |
75 |
5625 |
210 |
14750 |
|
70 |
4900 |
75 |
5625 |
145 |
10525 |
|||
∑A1 |
645 |
38915 |
827 |
57021 |
885 |
65295 |
2357 |
161231 |
Pr (A2) |
75 |
5625 |
80 |
6400 |
85 |
7225 |
240 |
19250 |
75 |
5625 |
80 |
6400 |
85 |
7225 |
240 |
19250 |
|
75 |
5625 |
80 |
6400 |
85 |
7225 |
240 |
19250 |
|
75 |
5625 |
80 |
6400 |
85 |
7225 |
240 |
19250 |
|
75 |
5625 |
80 |
6400 |
85 |
7225 |
240 |
19250 |
|
76 |
5776 |
83 |
6889 |
85 |
7225 |
244 |
19890 |
|
78 |
6084 |
85 |
7225 |
85 |
7225 |
248 |
20534 |
|
78 |
6084 |
85 |
7225 |
88 |
7744 |
251 |
21053 |
|
78 |
6084 |
85 |
7225 |
90 |
8100 |
253 |
21409 |
|
85 |
7225 |
90 |
8100 |
175 |
15325 |
|||
95 |
9025 |
95 |
9025 |
|||||
∑A2 |
685 |
52153 |
823 |
67789 |
958 |
83544 |
2466 |
203486 |
TOTAL |
1330 |
91068 |
1650 |
124810 |
1843 |
148839 |
4823 |
364717 |
Rata – rata(xtopi):
a. Model pembelajaran(B)
· xtopi STAD =∑xi/n = 1330/20 = 66,5
· xtopi TGT =∑xi/n = 1650/22 = 75
· xtopi MPBM =∑xi/n = 1843/23 =80,13
b. Jenis kelamin(A)
· xtopi LK=∑xi/n = 2357/35 = 67,34
· xtopi PR=∑xi/n = 2466/30 = 82,2
1. Uji beda mean anava 2 jalur
a. Hipotesis :
ð Jenis kelamin (A)
o H0 : µL = µP
o H1 : µL ≠ µP
ð Model pembelajaran (B))
o H0 : µB1 = µB2 = µB3
o H1 : Paling sedikit satu tanda sama dengan di H0, tidak berlaku.
ð Interaksi
o H0 : Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadapa kompetensi.
o H1 : Ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadapa kompetensi.
b. Metode 1
a. Menghitung jumlah kuadrat total (Jkt), antar A (JkA), antar B (JkB), interaksi AxB (JkAxB), dan dalam kelompok (Jkd).
Jkt = ∑(xt)2-(∑xt)2/N
= 364717 – 48232/65
= 364717 -23261329/65
= 6850,4
JkA = [(∑XA1)2/nA1 + (∑xA2)2/nA2 ] – sk
=[(2357)2 /35 + (2466)2 /30]–23261329/65
= 158727,1143 + 202705,2 – 357866,6
= 3565,7
JkB = [(∑XB1)2/nB1 + (∑xB2)2/nB2 + (∑xB3)2/nB3]– sk
=[(1330)2/20 + (1650)2/22 + (1843)2/23] – 357866,6
= 88445 + 123750 + 147680.4 – 357866,6
= 2008,8
JkAxB =[(∑XAxB)2/nAxB ]– sk – (JkA + JkB)
=[(645)2/11+(827)2/12+(885)2/12+(685)2/9+(823)2/10 +(958)2/11] – sk – (JkA + JkB)
= 363385,4 - 357866,6 - (3565,7 + 2008,8)
= -55,7
Jkd = Jkt – ( JkA + JkB + JkAxB)
= 6850,4 – (3565,7 + 2008,8 - 55,7)= 1331,6
b. Menghitung derajat kebebasan (dbt, dbA, dbB, dbAxB dan dbd)
1. dbt = N-1 = 65 -1 = 64
2. dbA = K-1 = 2 – 1 = 1
3. dbB = K-1 = 3 – 1 = 2
4. dbAxB = dbA x dbB = 1 x 2 = 2
5. dbd = dbt – (dbA + dbB + dbAxB) = 64 – (1 + 2 + 2) = 59
c. Menghitung rata-rata kuadrat antar A (RkA), antar B (RkB), interaksi AxB (RkAxB) dan dalam (Rkd).
1. RkA = JkA /dbA =3565,7/1 = 3565,7
2. RkB = JkB /dbB =2008,8/2 = 1004,4
3. RkAxB = JkAB /dbAB =-55,7/2 = - 27,85
4. Rkd = Jkd /dbd =1331,6/59 = 22,57
d. Menghitung rasio FA , FB dan FAxB
Ø FA = RkA /Rkd = 3565,7/22,57= 157,98
Ø FB = RkB /Rkd =1004,4/22,57= 44,50
Ø FAxB = RkAB /Rkd=-27,85/22,57 = - 1,23
e. Melakukan uji signifikansi pada semua harga F
(a). Berdasarkan hasil hitung diperoleh FA = 157,98 dengan dbA = 1 dan dbd = 59 diperoleh F tabel sebesar 4,00 pada taraf kesalahan 5% dan 7,08 pada taraf kesalahan 1%, sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh dipenerimaan H1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata – rata kompetensi antara jenis kelamin laki-laki (67,34) dan jenis kelamin perempuan (82,2) secara sangat signifikan
(b). Berdasarkan hasil hitung diperoleh FB = 44,50 dengan dbB = 2 dan dbd = 59 diperoleh F tabel sebesar 3,15 pada taraf kesalahan 5% dan 4,98 pada taraf kesalahan 1%, sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh dipenerimaan H1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata – rata kompetensi antara model STAD (66,5), model TGT (75), dan model MPBM (80,13) secara sangat signifikan
(c). Berdasarkan hasil hitung diperoleh FAxB = - 1,23 dengan dbA xB= 2 dan dbd = 59 diperoleh F tabel sebesar 3,15 pada taraf kesalahan 5% dan 4,98 pada taraf kesalahan 1%, sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh dipenerimaan H0, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara jenis kelamin dan model pembelajaran terhadap komptensi siswa.
(d). Tabel anava 2 jalur METODE 1
Sumber |
Jk |
db |
Rk |
Fe |
Ft |
interpretasi |
Antar A |
3565,7 |
1 |
3565,7 |
157,98 |
4,00(5%) 7,08(1%) |
Sangat signifikan Sangar signifikan |
Antar B |
2008,8 |
2 |
1004,4 |
44,50 |
3,15(5%) 4,98(1%) |
Sangat signifikan Sangat signifikan |
Interaksi AxB |
-55,7 |
2 |
- 27,85 |
- 1,23 |
3,15(5%) 4,98(1%) |
Tidak signifikan Tidak signifikan |
Dalam (d) |
1331,6 |
59 |
22,57 |
|
|
|
Total |
|
64 |
|
|
|
|
c. Metode 2
1. Factor koreksi
CF =(∑Xij)2 /N = =(4823)2/65 =23261329/65 = 357866,6
2. Sum square
SST =(∑Xij)2 - CF
=[(∑X1)2 +(∑X2)2 + (∑X3)2]– CF
= 81236 + 119980 + 163501 - 357866,6 = 6850.4
SSA = (∑Xij)2/nAi - CF
=[(∑XA1)2/nA1 +(∑XA2)2/nA2]– CF
=[(2357)2/35 + (2466)2/30]–23261329/65
=158727,1143 + 202705,2 – 357866,6 = 3565,7
SSB =(∑XBi)2/nBi – CF
=[(∑XB1)2/nB1 +(∑XB2)2/nB2 +(∑XB3)2/nB3] – CF
=[(1330)2/20 + (1650)2/22 + (1843)2/23]– 357866,6
= 88445 + 123750 + 147680.4 – 357866,6 = 2008,8
SSAxB =[(∑XAxB)2/nAxB] – CF – (SSA + SSB)
=[(645)2/11+(827)2/12+(885)2/12+(685)2/9+(823)2/10 +(958)2/11] – CF – (SSA+SSB) = 363385,4 - 357866,6 - (3565,7 + 2008,8)= -55,7
SSE = SSt – ( SSA + SSB + SSAxB)
= 6850,4 – (3565,7 + 2008,8 - 55,7)
= 1331,6
3. Degree of freedom (df)
dft = N-1 = 65 -1 = 64
dfA = K-1 = 2 – 1 = 1
dfB = K-1 = 3 – 1 = 2
dfAxB = dfA x dfB = 1 x 2 = 2
dfE = dft – (dfA + dfB + dfAxB) = 64 – (1 + 2 + 2) = 59
4. Mean square
MSA = SSA/DfA =3565,7/1= 3565,7
MSB = SSB/DfB = 2008,8/2 = 1004,4
MSAxB = SSAB/DfAB -55,7/2= - 27,85
MSE = SSd/Dfd = 1331,6/59 = 22,57
5. Menghitung rasio F
FA =MSA/MSd =3565,7/22,57= 157,98
FB = MSB/MSd =1004,4/22,57= 44,50
FAxB = MSAxB/MSd =-27,85/22,57= - 1,23
6. Melakukan uji signifikansi pada semua harga F
a. Berdasarkan hasil hitung diperoleh FA = 157,98 dengan dfA = 1 dan dfd = 59 diperoleh F tabel sebesar 4,00 pada taraf kesalahan 5% dan 7,08 pada taraf kesalahan 1%, sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh dipenerimaan H1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata – rata kompetensi antara jenis kelamin laki-laki (67,34) dan jenis kelamin perempuan (82,2) secara sangat signifikan
b. Berdasarkan hasil hitung diperoleh FB = 44,50 dengan dfB = 2 dan dfd = 59 diperoleh F tabel sebesar 3,15 pada taraf kesalahan 5% dan 4,98 pada taraf kesalahan 1%, sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh dipenerimaan H1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata – rata kompetensi antara model STAD (66,5), model TGT (75), dan model MPBM (80,13) secara sangat signifikan
c. Berdasarkan hasil hitung diperoleh FAxB = - 1,23 dengan dfA xB= 2 dan dfd = 59 diperoleh F tabel sebesar 3,15 pada taraf kesalahan 5% dan 4,98 pada taraf kesalahan 1%, sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh dipenerimaan H0, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara jenis kelamin dan model pembelajaran terhadap komptensi siswa
7. Tabel anava dua jalur METODE 2
Sumber |
SS |
Df |
MS |
Fe |
Ft |
interpretasi |
Antar A |
3565,7 |
1 |
3565,7 |
157,98 |
4,00(5%) 7,08(1%) |
Sangat signifikan Sangar signifikan |
Antar B |
2008,8 |
2 |
1004,4 |
44,50 |
3,15(5%) 4,98(1%) |
Sangat signifikan Sangat signifikan |
Interaksi AxB |
-55,7 |
2 |
- 27,85 |
- 1,23 |
3,15(5%) 4,98(1%) |
Tidak signifikan Tidak signifikan |
Dalam (d) |
1331,6 |
59 |
22,57 |
|
|
|
Total |
|
64 |
|
|
|
|
IV. Kesimpulan
Daftar Pustaka
Siregar, Syafaruddin. 2004. Statistik Terapan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Hadi, Sutrisno. 1981. Statistik 3. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Simbolon, Hotman. 2009. Statistika. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Sarwoko. 2007. Statistik Inferensi untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Komentar
Posting Komentar
silahkan berikan komentar