A.
DASAR
TEORI
Alat yang digunakan untuk menganalisis
kesamaan dua sampel atau kelompok populasi yang masing-masing berdistribusi
independen, berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen adalah
T-tes. Namun jika sampel lebih dari 2 sampel maka t-tes tidak dapat digunakan.
Alat yang digunakan untuk menguji kesamaan 3 sampel atau lebih adalah ANAVA.
ANAVA
adalah cara yang digunakan untuk menganalis
data hasil eksperimen, observasi yang terdiri dari K kelompo (K>2)
(Siregar, 2004:333)
1. Anava
satu jalur (one way anava)
Anava satu jalur
salah satu dari banyak jenis anava, adalah cara yang digunakan untuk menganalisa
data 3 atau lebih kelompok yang berskala interval atau rasio yang berasal dari
variabel bebas (Basuki, Ismed. PPT 7: ANAVA 1).
Langkah
– langkah menghitung ANAVA 1 jalur :
1) Hipotesis
a. Hipotesis anava 1 jalur
H0
: µ1 = µ2 = µ3
H1
: paling sedikit satu tanda sama dengan tidak berlaku.
2)
Menghitung
jumlah (sum of square) total (JKt),
antar kelompok (JKa), dan dalam kelompok (JKd). berikut
rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah kuadrat:
a.
Jkt
= ∑x2 – (∑x)2/N
b.
Jka
=[(∑x1)2/n1 + (∑x2)2/n2
+ ….(∑xk)2/nk]
c.
Jkd
= Jkt - Jka
Keterangan :
·
(∑x)2/n
= sk = cf = suku koreksi (correction
factor).
·
N =
jumlah subyek
3)
Menghitung
derajat kebebasan (degree of freedom)
total (dbt), antar kelompok (dba) dan dalam kelompok (dbd).
berikut rumus yang digunakan untuk menghitung derajat kebebasan:
a.
Dbt
= N-1
b.
Dba
= K-1
c.
Dbt
= N – K
Dimana :
·
Db =
derajat kebebasan
·
N =
jumlah subyek
·
K =
jumlah kelompok
4)
Menghitung
rata-rata kuadrat (mean of square )
antar kelompok (Rka), dan dalam kelompok (Rkd). berikut
rumus yang digunakan untuk menghitung rata-rata kuadrat:
·
Rka
=Jka /dba
·
Rkd
= Jkd /dbd
5)
Menghitung
rasio F dimana F rasio itu adalah perbandingan antara rata – rata kuadrat antar kelompok dengan rata-rata kuadrat dalam
kelompok.
·
F = Jka
/Rkd
6)
Melakukan
interpretasi dan uji signifikansi pada rasio F. ada dua F yang digunakan untuk
melakukan interpretasi dan uji signifikansi yaitu: F empirik dan F teoritik.
Dimana F empirik adalah adalah rasio F atau F hasil hitung dan F teoritik
adalah F yang diperoleh dari tabel F. untuk menentukan nilai F teoritik pada
tabel sama seperti menentukan nilai t tabel. Namun yang perlu diperhatikan
dalam menentukan F tabel adalah :
·
Derajat
kebebasan pembilang = derajat kebebasan
antar kelompok, dan
·
Derajat
kebebasan penyebut = derajat kebebasan dalam kelompok
Setelah
menentukan F teoritik maka langkah selanjutnya membandingkan F empirik dan F
teoritik. Jika:
·
F
empirik ≥ F teoritik ; maka
diinterpretasikan signifikan yang berarti ada perbedaan.
·
F
empiric < F teoritik; maka diinterpretasikan tidak signifikan yang berarti
tidak terdapat perbedaan.
2.
Pos
Hoc Test
Uji F pada anava
hanya memebrikan petunjuk ada tidaknya perbedaan mean-mean kelompok. Jika ada
beda antara mean - mena dan peneliti ingin mengetahui signifikansi perbedaan
itu maka harus dilakukan analisa menggunakan Pos Hoc Test. Ada banyak jenis Pos Hoc Test yang dapat digunakan
untuk mengetahui beda signifikansi. Namun yang akan digunakan dalam penelitian
ini adalah Uji HSD (High significance Difference) dan Uji LSD (Least Significance Different). Berikut rumus untuk HSD dan LSD:
·
HSD0,05
= q0,05 Ö((MSE/n1) +(MSE/n2))
·
LSD0,05
= t0,05 Ö((MSE/n1) +(MSE/n2))
·
Beda
= ½x1topi – x2topi ½
Keterangan:
·
MSE
= mean square error
·
N = jumlah subyek
Jika
beda > dari HSD atau LSD maka dikatakan beda signifikan
Jika
beda < dari HSD atau LSD maka dikatakan beda tidak signifikan
B.
PERMASALAHAN
1.
Uji
Beda Mean Anava 1 Jalur
2.
Uji Post Hoc
C.
PEMBAHASAN
Ada hipotesis yang menyatakan bahwa hasil belajar model MPK,
MPL, dan MPBM adalah sama. Untuk membuktikan hipotesis itu, diterapkanlah ke 3
model pembelajaran itu pada mapel teknik listrik pada 3 kelas yang berbeda.
Nilai ujian akhir yang diperoleh siswa untuk tiap model adalah berikut:
Tabel hasil belajar
MPK
|
MPL
|
MPBM
|
TOTAL
|
|||||
No.
|
X1
|
(X1)2
|
X2
|
(X2)2
|
X3
|
(X3)2
|
Xt
|
(Xt)2
|
1
|
30
|
900
|
70
|
4900
|
78
|
6084
|
178
|
11884
|
2
|
50
|
2500
|
70
|
4900
|
78
|
6084
|
198
|
13484
|
3
|
58
|
3364
|
70
|
4900
|
80
|
6400
|
208
|
14664
|
4
|
60
|
3600
|
70
|
4900
|
80
|
6400
|
210
|
14900
|
5
|
63
|
3969
|
73
|
5329
|
80
|
6400
|
216
|
15698
|
6
|
63
|
3969
|
73
|
5329
|
80
|
6400
|
216
|
15698
|
7
|
63
|
3969
|
73
|
5329
|
80
|
6400
|
216
|
15698
|
8
|
63
|
3969
|
73
|
5329
|
83
|
6889
|
219
|
16187
|
9
|
65
|
4225
|
73
|
5329
|
85
|
7225
|
223
|
16779
|
10
|
65
|
4225
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
225
|
17075
|
11
|
65
|
4225
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
225
|
17075
|
12
|
65
|
4225
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
225
|
17075
|
13
|
68
|
4624
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
228
|
17474
|
14
|
68
|
4624
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
228
|
17474
|
15
|
68
|
4624
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
228
|
17474
|
16
|
68
|
4624
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
228
|
17474
|
17
|
70
|
4900
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
230
|
17750
|
18
|
70
|
4900
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
230
|
17750
|
19
|
70
|
4900
|
75
|
5625
|
85
|
7225
|
230
|
17750
|
20
|
70
|
4900
|
75
|
5625
|
88
|
7744
|
233
|
18269
|
21
|
76
|
5776
|
90
|
8100
|
166
|
13876
|
||
22
|
78
|
6084
|
90
|
8100
|
168
|
14184
|
||
23
|
95
|
9025
|
95
|
9025
|
||||
JML
|
1262
|
81236
|
1624
|
119980
|
1937
|
163501
|
4823
|
364717
|
1. Uji
Beda Mean ANAVA 1 Jalur
1. Hipotesis
o
H0
: µ1 = µ2 =µ3
; Fempirik < Fteroritik
o
H1
: paling sedikit satu tanda sama dengan tidak berlaku; Fempirik ≥ Fteroritik
2. Metode
1
o
Menghitung
jumlah kuadrat (Jkt, Jka, dan Jkd)
Jkt =∑(xt)2-(∑xt)2/N
=364717-(4823)2/65
=364717-23261329/65
=6850.4
Jka
= [(∑x1)2/n1
+ (∑x2)2/n2 + (∑x3)2/n3] - sk
=[(1262)2/20
+ (1624)2/22 + (1937)2/23] - 357866.6
= 79632.2 + 119880.7 + 163129.1 - 357866.6
= 4775,4
Jkd
= Jkt
– Jka
= 6850.4 - 4775,4
= 2075
o Menghitung derajat kebebasan (dbt, dba, dan
dbd)
dbt = N-1 = 65
-1 = 64
dba = K-1 = 3 –
1 = 2
dbd = dbt -
dba = 64 – 2 = 62
o Menghitung rata-rata kuadrat (Rka, dan Rkd)
Rka
=Jka/dba
=4775,4/2
= 2387,7
Rkd
= Jkd/dbd
=2075/62
=
33,47
o Menghitung rasio F
F = Rka/Rkd
=2387,7/33.47
= 71,3
o Melakukan uji signifikansi
Dengan
menggunakan dba = 2 dan dbd = 62 maka diperoleh harga F
teoritik dalam tabel nilai F sebesar 3,134 pada taraf kesalahan 5% dan 4,968
pada taraf kesalahan 1%.
o Tabel ringkasan ANAVA model pembelajaran
Tabel
ringkasan
Sumber variansi
|
Df
|
Jk
|
Rk
|
Fempirik
|
Fteoritik
|
Interpretasi
|
Antarkelompok
|
2
|
4775,4
|
2387,7
|
71,3
|
3,134(5%)
|
Sangat Signifikan
|
Dalam kelompok
|
62
|
2075
|
33,47
|
4,968(1%)
|
Sangat Signifikan
|
|
Total
|
64
|
6850.4
|
Berdasarkan hasil hitung diperoleh Fempirik ‘71,3’ Dengan dfa
= 2 dan dfd = 62 maka diperoleh harga F tabel (Fteoritik ) sebesar 3,134 pada taraf kesalahan 5% dan
4,968 pada taraf kesalahan 1%. Sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh
didaerah penerimaan H1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar mapel teknik listrik yang diajar dengan
menggunakan MPK (63,1), MPL(73,82), dan MPBM(84,22) secara sangat signifikan.
3. Metode 2
T1 =
1262; T2= 1624; T3 = 1937
T = T1
+ T2 + T3 = ∑Xij = 4823
o Faktor koreksi
CF =(∑Xij)2
/N
=(4823)2/65
=23261329/65
= 357866,6
o Sum square
SST
=(∑Xij)2 - CF
=[(∑X1)2 +(∑X2)2
+ (∑X3)2]–
CF
= 81236 + 119980 + 163501 - 357866,6 = 6850.4
SSP =(∑Ti)2/ni
– CF
=[12622/20 + 16242/22 + 19372/23]– 357866.6
= 79632.2 + 119880.7
+ 163129.1 - 357866.6 = 4775,4
SSE = SST
- SSP
= 6850.4 – 4775,4 = 2075
o Degree of freedom
DfT =
N-1 = 65 – 1= 64
DfP =
K-1 = 3 – 1= 2
DfE =
DfT - DfP = 64 – 2 = 62
o Mean square
MSP =SSP/DfP = 4775,4/2 = 2387,7
MSE = SSE/DfP =2075/62 = 33,47
o Menghitung rasio F
F = MSP/MSE = 2387,7/33,47 = 71,3
o Melakukan uji signifikansi
Dengan
menggunakan dbP = 2 dan dbE = 62 maka diperoleh harga F
teoritik dalam tabel nilai F sebesar 3,134 pada taraf kesalahan 5% dan 4,968
pada taraf kesalahan 1%.
o Tabel ringkasan ANAVA model pembelajaran
Tabel ringkasan
Sumber variansi
|
DF
|
SS
|
MS
|
Fempirik
|
Fteoritik
|
Interpretasi
|
Antar perlakuan
|
2
|
4775,4
|
2387,7
|
71,3
|
3,134(5%)
|
Sangat Signifikan
|
Dalam perlakuan
|
62
|
2075
|
33,47
|
4,968(1%)
|
Sangat Signifikan
|
|
Total
|
64
|
6850.4
|
Berdasarkan hasil hitung diperoleh Fempirik ‘71,3’ Dengan dfa
= 2 dan dfd = 62 maka diperoleh harga F tabel (Fteoritik ) sebesar 3,134 pada taraf kesalahan 5% dan
4,968 pada taraf kesalahan 1%. Sehingga dapat disimpulkan F hasil hitung jatuh
didaerah penerimaan H1, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar mapel teknik listrik yang diajar dengan
menggunakan MPK (63,1), MPL(73,82), dan MPBM(84,22) secara sangat signifikan.
2. Post
Hoc Test
Ø Rata – rata setiap kelompok model
pembelajaran
o
Rata
–rata Model MPK
x1topi =∑Xi/n =1262/20 = 63,1
o
Rata
–rata Model MPL
x2topi =∑Xi/n =1624/22 = 73,82
o
Rata
–rata Model MPBM
x2topi =∑Xi/n =1973/23 = 84,22
o
Beda
2 rata-rata (mean)
§ MPK vs MPL
Beda =½ x1topi – x2topi ½
=½ 63,1 – 73,82 ½
= 10,72
§ MPK vs MPBM
Beda =½ x1topi – x3topi ½
=½ 63,1 – 84,22 ½
=
21,12
§ MPL vs MPBM
Beda =½ x2topi – x3topi ½
=½ 73,82 – 84,22 ½
= 10,4
o
Uji
HSD (Highly Significance Diffrence)
Q0,05 = 3,39
§ MPK vs MPL
HSD0,05 = (q0,05) Ö((MSE/n1) +(MSE/n2))
=
(3,39) Ö((33,47/20) +(33,47/22))
= (3,39)
(1,786)= 6,05
§ MPK vs MPBM
HSD0,05 = (q0,05)Ö((MSE/n1) +(MSE/n3))
=
(3,39) Ö((33,47/20) +(33,47/23))
= (3,39)
(1,769)
= 5,996
§ MPL vs MPBM
HSD0,05 = (q0,05) Ö((MSE/n2) +(MSE/n3))
=
(3,39) Ö((33,47/22) +(33,47/23))
= (3,39)
(1,7253)
= 5,85
§ Tabel
Tabel perbandingan HSD0,05 dengan beda Mean
Beda Antara
|
Besar Beda
|
HSD0,05
|
Kesimpulan
|
MPK
vs MPL
|
10,72
|
6,05
|
Beda Signifikan
|
MPK
vs MPBM
|
21,12
|
5,996
|
Beda Signifikan
|
MPL
vs MPBM
|
10,4
|
5,85
|
Beda Signifikan
|
o
Uji
LSD (Least Significance Diffrence)
t0,05 = 1,999
§ MPK vs MPL
LSD0,05 = (t0,05)Ö((MSE/n1) +(MSE/n2))
=
(1,999) Ö((33,47/20) +(33,47/22))
= (1,999)
(1,786)
= 3,57
§ MPK vs MPBM
LSD0,05 = (t0,05) Ö((MSE/n1) +(MSE/n3))
=
(1,999) Ö((33,47/20) +(33,47/23))
= (1,999)
(1,769)
= 3,54
§ MPL vs MPBM
LSD0,05 = (t0,05) Ö((MSE/n2) +(MSE/n3))
=
(1,999) Ö((33,47/22) +(33,47/23))
= (1,999)
(1,7253)
= 3,45
§ Tabel
Tabel perbandingan LSD0,05
dengan beda Mean
Beda Antara
|
Besar Beda
|
LSD0,05
|
Kesimpulan
|
MPK
vs MPL
|
10,72
|
3,57
|
Beda Signifikan
|
MPK
vs MPBM
|
21,12
|
3,54
|
Beda Signifikan
|
MPL
vs MPBM
|
10,4
|
3,45
|
Beda Signifikan
|
D.
KESIMPULAN
1.
Setelah
kami melakukan perhitungan secara manual untuk membuktikan benar atau tidaknya
suatu hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar
menggunakan model MPK, MPL dan MPBM dapat kami simpulkan bahwa hipotesis itu
ditolak dan yang benar adalah ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar
menggunakan model MPK, MPL dan MPBM.
Daftar pustaka
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Simbolon, Hotman.
2009. Statistika. Yogyakarta: GRAHA
ILMU
Sarwoko. 2007. Statistik Inferensi untuk Ekonomi dan
Bisnis. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Ismed, Basuki dan Sudarmono. 2014. Analisa
Variansi (ANAVA) (ppt 7). Surabaya
Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
BalasHapusEVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
WhatsApp : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang
Numpang ya min ^^
BalasHapusKamu lagi cari bonus? :)
Acerdomino kebetulan lagi bagi bagi bonus nihhh :)
hanya dengan deposit Rp 12.000 aja loh dan masih banyak lagi bonus yang bisa kamu dapetin setiap harinya hanya di acerdomino AGENPOKER TERPERCAYA
LINK ALTERNATIF >>> ACERDOMINO.ONLINE
Kamu lagi cari bonus? :) , pasti donk
HapusTerima kasih min
BalasHapusIjin nyimak min..
BalasHapus