Suatu penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui perbedaan (hasil belajar, kinerja karyawan, pendapatan perusahaan,
kecepatan, dan lain-lain) antara dua kelompok, yaitu kelompok control dan
kelompok eksperimen tidak akan pernah lepas dari yang namanya statistic.
Statistic yang digunakan untuk menganalisis perbedaan diantara dua kelompok
tersebut adalah Uji-T sampel bebas. Uji-T sampel bebas atau yang sering dikenal
dengan istilah Independent
Sample T-Test
adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menguji beda mean 2 sampel
yang independen yang datanya interval/rasio.
Sebelum menggunakan teknik analisis
Uji-T sampel bebas, peneliti terlebih dahulu harus menguji normalitas distribusi dan homogenitasvarians dari data tersebut. Jika
data tersebut berdistribusi normal dan memiliki homogenitas yang sama (homoskedastisitas) maka dapat digunakan
teknik analisis Uji-T sampel bebas. Dan sebaliknya jika data berdistribusi
tidak normal atau tidak homogen (heterokedastisitas)
maka tidak dapat menggunakan Uji-T, sebagai penggantinya adalah dengan
menggunakan mann-withney U-tes, K-S,
Median tes, dan lain-lain.
Teknik Uji-T dapat dilakukan dengan
menggunakan software SPSS (baca: Teknik Uji-T Sampel (Bebas: Independent Sample T-Test 2016) dan secara manual. Pada kesempatan ini
saya akan memaparkan teknik yang dapat dilakukan secara manual (special buat
para peneliti yang tidak punya software SPSS), yaitu dengan menganalisis sampel
bebas satu pihak. (baca: analisis uji-T sampel bebas dua pihak yang dilakukansecara manual)
2. Data yang akan dianalisis
Berikut saya sajikan data hasil
belajar peserta didik SMK perketongan yang akan digunakan sebagai media latihan.
Tabel
1
Kelas MPBM (X1)
|
|||
Sampel
|
Xi
|
Xi –Xrat
|
(Xi-Xrat)2
|
1
|
30
|
-36.13
|
1305.3769
|
2
|
50
|
-16.13
|
260.1769
|
3
|
58
|
-8.13
|
66.0969
|
4
|
60
|
-6.13
|
37.5769
|
5
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
6
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
7
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
8
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
9
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
10
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
11
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
12
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
13
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
14
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
15
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
16
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
17
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
18
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
19
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
20
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
21
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
22
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
23
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
24
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
25
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
26
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
27
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
28
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
29
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
30
|
75
|
8.87
|
78.6769
|
Jumlah
|
2161.987
|
Keterangan:
Xi = nilai perolehan siswa
Xrat = rata-rata nilai
Tabel
2
Kelas MPL (X2)
|
|||
Sampel
|
Xi
|
Xi – Xrat
|
(Xi - Xrat)2
|
1
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
2
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
3
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
4
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
5
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
6
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
7
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
8
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
9
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
10
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
11
|
76
|
-5.17
|
26.7289
|
12
|
78
|
-3.17
|
10.0489
|
13
|
78
|
-3.17
|
10.0489
|
14
|
78
|
-3.17
|
10.0489
|
15
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
16
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
17
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
18
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
19
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
20
|
83
|
1.83
|
3.3489
|
21
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
22
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
23
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
24
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
25
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
26
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
27
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
28
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
29
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
30
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
31
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
32
|
88
|
6.83
|
46.6489
|
33
|
90
|
8.83
|
77.9689
|
34
|
90
|
8.83
|
77.9689
|
35
|
95
|
13.83
|
191.2689
|
Jumlah
|
1002.972
|
Keterangan:
Xi = nilai perolehan siswa
Xrat = rata-rata nilai
3. Analisis Uji-T sampel bebas pihak kanan
Ada
sebuah kasus seperti berikut: Kepala sekolah SMK perketongan berhipotesis:”hasil
belajar peserta didiknya yang mengikuti pembelajaran MPBM lebih baik daripada
hasil pembelajaran MPL”. Untuk membuktikannya kepala sekolah meminta salah
seorang guru untuk menerapkan kedua model pembelajaran tersebut. Kelas X1
diterapkan model MPBM dan kelas X2 diterapkan model MPL. Data hasil
percobaan kedua model tersebut ditunjukkan pada tabel 1 dan tabel 2 di atas:
dengan taraf kekeliruan 5% dan 1% , apakah hipotesis kepala sekolah dapat
diterima?
a) Hipotesis
Ø H0
: Hasil belajar yang menggunakan model
MPL lebih baik atau sama dengan dari pada hasil belajar yang menggunakan MPBM.
Ø H1
: Hasil belajar yang menggunakan model
MPBM lebih baik daripada hasil belajar yang menggunakan MPL.
b) Perhitungan
rata-rata dan variansi nilai yang diperoleh kelas MPBM:
X1rat = 1984/30 = 66,13
S21 = ∑(Xi -
Xrat)2/(n-1)
= (2161,987)/(30-1) =74,56
S1 = Ö74,56 = 8,63
c) Perhitungan
rata-rata dan variansi nilai yang diperoleh kelas MPL:
X2rat
= 2841/35 = 81,17
S22
= ∑(Xi - Xrat)2/(n-1)
= (1002,972)/(35-1) =29,49
S2
= Ö29,49 = 5,43
d) Variansi
terkumpul dari kedua kelas di atas sebagai berikut:
S2p
= ∑(ni - 1)si2/∑(ni-k)
=( (30-1)8,632 + (35-1)5,432
)/(30+35-2) =50,1
Sp
= Ö50,1 = 7,08
e) Hasil
t hitung sebagai berikut:
th
= (X1rat – X2rat ) /Ö((
S2p/n1) + (S2p/n2) )
= (66,13 -81,17) /Ö((
50,1/30) + (50,1/35) ) = -8,55
f) Taraf
kekeliruan 5%
Df
= n1 + n2 – 2
= 30 + 35 -2 = 63
α = 0,05
t5%
= t1-0,05/1 = t0,95 = 1,66 (baca: cara menggunakantabel t)
g) Taraf
kekeliruan 1%
Df = n1 + n2 – 2
= 30 + 35 -2 = 63
α
= 0,05
t1% = t1-0,01/1 =
t0,99 = 2,388 (baca: cara menggunakan tabel t)
h) Kurva
taraf kekeliruan 5% dan 1%
i) Kesimpulan
Berdasarkan
hasil hitung t diperoleh “-8,55” dan df=63 maka diperoleh t table=1,66 untuk taraf
kesalah 5% dan t tabel 2,388 untuk taraf kesalahan 1% maka dengan demikian t
hasil hitung jatuh di daerah penerimaan hipotesis H0 baik pada taraf kesalahan
5% maupun 1%. artinya hasil belajar yang menggunakan model MPL lebih baik
daripada hasil belajar yang menggunakan MPBM.
4. Analisis Uji-T sampel bebas pihak kiri
Ada
sebuah kasus seperti berikut: Kepala sekolah SMK perketongan
berhipotesis:”hasil belajar peserta didiknya yang mengikuti pembelajaran MPBM
lebih buruk daripada hasil pembelajaran MPL”. Untuk membuktikannya kepala
sekolah meminta salah seorang guru untuk menerapkan kedua model pembelajaran
tersebut. Kelas X1 diterapkan model MPBM dan kelas X2 diterapkan
model MPL. Data hasil percobaan kedua model tersebut ditunjukkan pada tabel 1
dan tabel 2 di atas: dengan taraf kekeliruan 5% dan 1% , apakah hipotesis
kepala sekolah dapat diterima?
a) Hipotesis
·
H0 : Hasil belajar yang menggunakan model
MPBM lebih baik atau sama dengan dari pada hasil belajar yang menggunakan MPL.
·
H1 : Hasil belajar yang menggunakan model
MPBM lebih buruk daripada hasil belajar yang menggunakan MPL.
b) Perhitungan
rata-rata dan variansi nilai yang diperoleh kelas MPBM:
X1rat = 1984/30 = 66,13
S21 = ∑(Xi -
Xrat)2/(n-1)
= (2161,987)/(30-1) =74,56
S1 = Ö74,56 = 8,63
c) Perhitungan
rata-rata dan variansi nilai yang diperoleh kelas MPL:
X2rat
= 2841/35 = 81,17
S22
= ∑(Xi - Xrat)2/(n-1)
= (1002,972)/(35-1) =29,49
S2
= Ö29,49 = 5,43
d) Variansi
terkumpul dari kedua kelas di atas sebagai berikut:
S2p
= ∑(ni - 1)si2/∑(ni-k)
=( (30-1)8,632 + (35-1)5,432
)/(30+35-2) =50,1
Sp
= Ö50,1 = 7,08
e) Hasil
t hitung sebagai berikut:
th
= (X1rat – X2rat ) /Ö((
S2p/n1) + (S2p/n2) )
= (66,13 -81,17) /Ö((
50,1/30) + (50,1/35) ) = -8,55
f) Taraf
kekeliruan 5%
Df
= n1 + n2 – 2
= 30 + 35 -2 = 63
α = 0,05
t5%
= t1-0,05/1 = t0,95 = 1,66 (baca: cara menggunakantabel t)
g) Taraf
kekeliruan 1%
Df = n1 + n2 – 2
= 30 + 35 -2 = 63
α
= 0,05
t1% = t1-0,01/1 =
t0,99 = 2,388 (baca: cara menggunakan tabel t)
h) Kurva
taraf kekeliruan 5% dan 1%
i) Kesimpulan
Berdasarkan
hasil hitung t diperoleh “-8,55” dan df=63 maka diperoleh t table=1,66 untuk taraf
kesalah 5% dan t tabel 2,388 untuk taraf kesalahan 1% maka dengan demikian t
hasil hitung jatuh di daerah penolakan hipotesis H0 baik pada taraf kesalahan
5% maupun 1%. artinya hasil belajar yang menggunakan model MPBM lebih buruk
daripada hasil belajar yang menggunakan MPL.
Daftar Pustaka
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Ismed, Basuki
dan Sudarmono. 2014. Pengujian Hipotesis
(ppt 6 pengujian hipotesis). Surabaya
Hasan,
Iqbal. 1999. Pokok-poko Materi Statistik
. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hanafiah,
Kemas Ali. 2010. Dasar-dasar Statistika :
aneka bidang ilmu pertanian dan hayati. Jakarta: Rajawali Pers
Hamang,
Abdul. 2005. Metode Statistika. Yogyakarta:
Graha Ilmu
Olah Data Semarang Khusus Untuk Olah Data Frontier 4.1, DEAP 2.1
BalasHapusSPSS, AMOS, LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, Software R
WA : +6285227746673
IG : @olahdatasemarang
Numpang ya min ^^
BalasHapusKamu lagi cari bonus? :)
Acerdomino kebetulan lagi bagi bagi bonus nihhh :)
hanya dengan deposit Rp 12.000 aja loh dan masih banyak lagi bonus yang bisa kamu dapetin setiap harinya hanya di acerdomino AGENPOKER TERPERCAYA
LINK ALTERNATIF >>> ACERDOMINO.ONLINE