Teknik Uji-T Sampel Bebas (Independent Sample T-Test) 2016


1.        Pengertian Uji-T sampel bebas
Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan (hasil belajarkinerja karyawanpendapatan perusahaankecepatandan lain) antara dua kelompokyaitukelompok control dan kelompok eksperimen tidak akan pernah lepas dari yang namanya statistic. Statisticyang digunakan untuk menganalisis perbedaan diantara dua kelompoktersebut adalah Ujisampel bebas. Ujisampel bebas atau yang sering dikenal dengan istilah Independent Sample T Test adalah teknik analisis data yang digunakan untuk mengujibeda mean2 sampel yang independen yang datanya interval/rasio.
Sebelum menggunakan teknik analisis Ujisampel bebaspeneliti terlebih dahulu harus menguji normalitas distribusi dan homogenitas varians dari data tersebut. Jika datatersebut berdistribusi normal dan memiliki homogenitas yang sama (homoskedastisitasmaka dapat digunakan teknik analisis Ujisampel bebasDan sebaliknya jika data berdistribusitidak normal atau tidak homogen (heterokedastisitasmaka tidak dapat menggunakan Uji-T, sebagai penggantinya adalah dengan menggunakan mann-withney U-tes, K-S, Median tesdanlain-lain.
2.        Analisis Uji-T sampel bebas
Ada sebuah kasus seperti berikut:  seorang guru berhipotesis  “ada perbedaan signifikasis hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung dan pembalajarankooperatif”. Untuk itu ia melakukan eksperimen untuk mengujicobakan model pembelajaran kelas X1 diterapkan model pembelajaran langsung dan kelas X2 diterapkan modelpembelajaran kooperatifData hasil eksperimen ditunjukan pada tabel 1 di bawah ini. Dengan taraf kesalahan 5% apakah hipotesis guru dapat diterima? (dengan catatan databerdistribusi normal dan homogen)
Tabel 1
No.
HB MPK
HB MPL
1
63
65
2
75
75
3
60
75
4
76
85
5
63
85
6
78
80
7
88
85
8
73
70
9
58
85
10
68
85
11
73
90
12
75
70
13
68
85
14
85
75
15
68
75

a.          Hipotesis
a)        H0 : HB MPL = HB MPK
b)       H1 : HB MPL ≠ HB MPK
b.        Mengoperasikan SPSS
a)        Buka aplikasi SPSSyang antum miliki seperti pada uji normalitas dan homogenitas variansi, sehingga muncul tampilan seperti pada gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1. Tampilan awal SPSS
b)        Klik variableview yang ada di pojok kiri bawah dari spss seperti pada uji normalitassehingga akan muncul seperti gambar 2 di bawah ini.


Gambar 2. Variable view yang belum diisi

c)         Buatlah lapak dengan ketentuan seperti di bawah ini:
ü  Name: Isi dengan nama variable anda (terserah mau diberi nama apa saja biasanya dalam bentuk singkatan), dalam hal ini saya mengisinya dengan 
       kata “NHB” untuk barisdan “Klp” untuk baris 2.   
ü  Type: Pilih Numeric
ü  Width: Isi dengan angka 8
ü  Decimal: Isi dengan angka 2 untuk baris 1(terserah user) dan isi dengan angka 0 untuk baris 2 (wajib)
ü  Label: Isi dengan kepanjangan dari name di atasdalam hal ini saya              mengisinya dengan  Nilai Hasil Belajar” untuk baris 1 dan “Kelompok” untuk baris 2.
ü  Value: pilih none untuk baris 1 sementara untuk baris 2 pilih dengan ketentuan sebagai berikut:
1.        Klik pada kolom value, sehingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

Gambar 3. Kotak dialog value
2. Bagian value isi angka 1 dan pada bagian label-nya isi dengan MPK kemudian klik add (persis di bawahnya label).
3. Bagian value isi angka 2 dan pada bagian label-nya isi dengan MPL kemudian klik add (persis di bawahnya label).
4.        Kemudian klik ok
ü  Missing: Pilih none
ü  Columns: Isi dengan angka 8
ü  Align: Pilih right (terserah user)
ü  Measure: Pilih scale

Gambar 4 Tampilan varible view yang sudah di isi
d)       Kalau sudah selesai klik data view (sebelahnya variable view)
e) Masukkan data nilai MPK dan MPL ke dalam kolom “NHB” yang ada di spss dengan di ketik atau copas dan isikan angka “1” sampai baris ke 15, serta isikan angka “2” daribaris 16 – 30.

Gambar 5. Tampilan data view yang sudah di isi
f)          Klik menu analyze- pilih compare means – pilih Independent-sample T test

Gambar 6. Langkah-langkah pengoperasian
g)        Akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini

Gambar 7. Kotak dialog independent sample Ttest
h)        Pindahkan (1). variable “Nilai Hasil Belajar (NHB)” ke kolom tes variable dengan cara klik “Nilai Hasil Belajar (NHB)” kemudian klik tanda panah yang mengarah ke tesvariable (è). (2). Variable “Kelompok (Klp)” ke kolom “grouping varibel” dengan cara klik “Kelompok (Klp)”kemudian klik tanda panah yang mengarah ke grouping varibel(è).

Gambar 8. Kotak dialog independent sample T tes
i)          Klik define groups- pada kotak dialog define groups pilih use specified values-group 1 isi dengan “1” dan group 2 isi dengan “2”. Kemudian klik continue.

Gambar 9. Kotak dialog define group
j) Klik option – pada kotak dialog independent sampel T-tes: option, terdapat convidence interval isi dengan “95”. Klik continue.

Gambar 10. Kotak dialog independen
k)        Klik ok
l)          Output

Gambar 11. Output
m)     Pengambilan keputusan
ü  Pertama kita harus menentukan homogenitas varians dengan cara melihat sig. pada kolom leven’sapakah termasuk equal variances assumed atau equal variance not asseumed.(Baca: homogenitas varians)
ü  Untuk melihat signifikansi perbedaan hasil belajar (MPL dan MPK) adalah pada bagian sig. (2-tailed) dan yang sejajar dengan equal variances assumed atau equal variance notasseumed.
ü  Jika sig. lebih besar dari 0,05 maka terima H0 (HB MPL = HB MPK)
ü  Jika sig. kurang dari 0,05 maka terima H(HB MPL ≠ HB MPK)

3.        Kesimpulan
a.    Berdasarkan hasil hitung spss diperoleh nilai F 0,114 dengan signifikansi 0,738 dengan demikian dapat disimpulkan terima H0  yang menyatakan variansi dari nilai siswa yangdiajar dengan model MPK dan MPL 
     memiliki variansi yang homogeny (samaequal variances asseumed. 
     (bacahomogenitas varians )
b.   Berdasarkan hasil hitung spss diperoleh t -2,595 df 63 dan signifikansi 0,015. Karen sig. (2-tailed) < 0,05 dengan demikian maka disimpulkan terima H1 yang berarti 
    bahwa skor rata-rata hasil belajar mapel listrik dengan metode MPK dan MPL 
     terdapat perbedaan yang signifikan.

Daftar Pustaka
Sudjana. 2005. Metoda StatistikaBandung: Tarsito.

IsmedBasuki dan Sudarmono. 2014. Pengujian Hipotesis (ppt 6 pengujian hipotesis). Surabaya
Hasan, Iqbal. 1999. Pokok-poko Materi Statistik . Jakarta: PT. Bumi Aksara
HanafiahKemas Ali. 2010. Dasar-dasar Statistika : aneka bidang ilmu pertanian dan hayatiJakarta:   Rajawali Pers
Hamang, Abdul. 2005. Metode StatistikaYogyakarta: Graha Ilmu

Komentar

  1. Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
    EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
    WhatsApp : +6285227746673
    IG : @olahdatasemarang

    BalasHapus
  2. Jika pada uji t 2 sampel bebas memiliki nilai n yg berbeda. Apakah rumus df=n1+n2-2?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

silahkan berikan komentar