1. Pengertian Uji-T
Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan (hasil belajar, kinerja karyawan, pendapatan perusahaan, kecepatan, dan lain-lain) antara dua kelompok, yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen tidak akan pernah lepas dari yang namanya statistic. Statistic yang digunakan untuk menganalisis perbedaan diantara dua kelompok tersebut adalah Uji-T sampel bebas. Uji-T sampel bebas atau yang sering dikenal dengan istilah Independent Sample T-Test adalah teknik analisis data yang digunakan untuk menguji beda mean 2 sampel yang independen yang datanya interval/rasio.
Read also: electrical engineering
Read also: electrical engineering
Sebelum menggunakan teknik analisis Uji-T sampel bebas, peneliti terlebih dahulu harus menguji normalitas distribusi dan homogenitas varians dari data tersebut. Jika data tersebut berdistribusi normal dan memiliki homogenitas yang sama (homoskedastisitas) maka dapat digunakan teknik analisis Uji-T sampel bebas. Dan sebaliknya jika data berdistribusi tidak normal atau tidak homogen (heterokedastisitas) maka tidak dapat menggunakan Uji-T, sebagai penggantinya adalah dengan menggunakan mann-withney U-tes, K-S, Median tes, dan lain-lain.
Teknik Uji-T dapat dilakukan dengan menggunakan software SPSS (baca: Teknik Uji-T Sampel Bebas (Independent Sample T-Test 2016) dan secara manual. Pada kesempatan ini saya akan memaparkan teknik yang dapat dilakukan secara manual (special buat para peneliti yang tidak punya software SPSS).
2. Analisis Uji-T sampel bebas dua pihak secara manual
Ada sebuah kasus seperti berikut: Kepala sekolah SMK perketongan Sidoarjo berhipotesis:”ada perbedaan yang cukup signifikan hasil belajar peserta didiknya yang mengikuti pembelajaran MPBM dan pembelajaran MPL”. Untuk membuktikannya kepala sekolah meminta salah seorang guru untuk menerapkan kedua model pembelajaran tersebut. Kelas X1 diterapkan model MPBM dan kelas X2 diterapkan model MPL. Data hasil percobaan kedua model tersebut sebagai berikut: dengan taraf kekeliruan 5% dan 1% , apakah hipotesis kepala sekolah dapat diterima?
Tabel 1
Kelas MPBM (X1)
| |||
Sampel
|
Xi
|
Xi –Xrat
|
(Xi-Xrat)2
|
1
|
30
|
-36.13
|
1305.3769
|
2
|
50
|
-16.13
|
260.1769
|
3
|
58
|
-8.13
|
66.0969
|
4
|
60
|
-6.13
|
37.5769
|
5
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
6
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
7
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
8
|
63
|
-3.13
|
9.7969
|
9
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
10
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
11
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
12
|
65
|
-1.13
|
1.2769
|
13
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
14
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
15
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
16
|
68
|
1.87
|
3.4969
|
17
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
18
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
19
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
20
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
21
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
22
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
23
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
24
|
70
|
3.87
|
14.9769
|
25
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
26
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
27
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
28
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
29
|
73
|
6.87
|
47.1969
|
30
|
75
|
8.87
|
78.6769
|
Jumlah
|
2161.987
|
Keterangan:
Xi = nilai perolehan siswa
Xrat = rata-rata nilai
Tabel 2
Kelas MPL (X2)
| |||
Sampel
|
Xi
|
Xi - Xrat
|
(Xi - Xrat)2
|
1
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
2
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
3
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
4
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
5
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
6
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
7
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
8
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
9
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
10
|
75
|
-6.17
|
38.0689
|
11
|
76
|
-5.17
|
26.7289
|
12
|
78
|
-3.17
|
10.0489
|
13
|
78
|
-3.17
|
10.0489
|
14
|
78
|
-3.17
|
10.0489
|
15
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
16
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
17
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
18
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
19
|
80
|
-1.17
|
1.3689
|
20
|
83
|
1.83
|
3.3489
|
21
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
22
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
23
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
24
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
25
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
26
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
27
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
28
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
29
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
30
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
31
|
85
|
3.83
|
14.6689
|
32
|
88
|
6.83
|
46.6489
|
33
|
90
|
8.83
|
77.9689
|
34
|
90
|
8.83
|
77.9689
|
35
|
95
|
13.83
|
191.2689
|
Jumlah
|
1002.972
|
Keterangan:
Xi = nilai perolehan siswa
Xrat = rata-rata nilai
a) Hipotesis
Ø H0 : Hasil belajar yang menggunakan model MPBM sama dengan hasil belajar yang menggunakan MPL.
Ø H1 : Hasil belajar yang menggunakan model MPBM berbeda dengan hasil belajar yang menggunakan MPL.
b) Perhitungan rata-rata dan variansi nilai yang diperoleh kelas MPBM:
X1rat = 1984/30 = 66,13
S21 = ∑(Xi - Xrat)2/(n-1)
= (2161,987)/(30-1) =74,56
S1 = Ö74,56 = 8,63
c) Perhitungan rata-rata dan variansi nilai yang diperoleh kelas MPL:
X2rat = 2841/35 = 81,17
S22 = ∑(Xi - Xrat)2/(n-1)
= (1002,972)/(35-1) =29,49
S2 = Ö29,49 = 5,43
d) Variansi terkumpul dari kedua kelas di atas sebagai berikut:
S2p = ∑(ni - 1)si2/∑(ni-k)
=( (30-1)8,632 + (35-1)5,432 )/(30+35-2) =50,1
Sp = Ö50,1 = 7,08
e) Hasil t hitung sebagai berikut:
th = (X1rat – X2rat ) /Ö(( S2p/n1) + (S2p/n2) )
= (66,13 -81,17) /Ö(( 50,1/30) + (50,1/35) ) = -8,55
f) Taraf kekeliruan 5%
Df = n1 + n2 – 2
= 30 + 35 -2 = 63
α = 0,05
t5% = t1-0,05/2 = t0,975 = 1,999
g) Taraf kekeliruan 1%
Df = n1 + n2 – 2
= 30 + 35 -2 = 63
α = 0,05
t1% = t1-0,01/2 = t0,995 = 2,658 (baca: cara menggunakan tabel t)
h) Kurva taraf kekeliruan 5% dan 1%
Gambar 1
i) Kesimpulan
Berdasarkan hasil hitung t diperoleh “-8,55” dan df=63 maka diperoleh t table=1,999 untuk taraf kesalah 5% dan t tabel 2,658 untuk taraf kesalahan 1% maka dengan demikian t hasil hitung jatuh di daerah penolakan hipotesis H0 baik pada taraf kesalahan 5% maupun 1%. Artinya ada perbedaan yang sangat signifikan antara skor rata-rata hasil belajar menggunakan MPBM dan MPL.
Daftar Pustaka
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Ismed, Basuki dan Sudarmono. 2014. Pengujian Hipotesis (ppt 6 pengujian hipotesis). Surabaya
Hasan, Iqbal. 1999. Pokok-poko Materi Statistik . Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hanafiah, Kemas Ali. 2010. Dasar-dasar Statistika : aneka bidang ilmu pertanian dan hayati. Jakarta: Rajawali Pers
Hamang, Abdul. 2005. Metode Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Komentar
Posting Komentar
silahkan berikan komentar